5 November 2014

Resep Wedang Ronde Khas Jogja



Biar tidak lengket, ronde dibiarkan terendam air


Salah satu minuman khas Yogyakarta yang istimewa dan populer yaitu wedang Ronde. Aku sendiri pertama kali nyicip wedang Ronde saat nongkrong bareng teman-teman di jalanan Malioboro. Sebenarnya aku paling gak suka minuman hangat. Yup, bisa dibilang aku termasuk freak karena setiap membuat minuman apapun, susah diteguk kalau belum didinginkan atau nginep dulu di kulkas. Minum kopi, teh, susu, ataupun sekedar makan kolak, biasanya memang aku taroh dulu di kulkas baru setelah dingin, bisa merasakan nikmatnya dengan benar-benar. Haha lebay! So, waktu itu karena semua teman pada pesan wedang Ronde. Iseng-iseng aku juga ikut membeli wedang ronde yang disuguhkan dengan gelas yang lebih mirip mangkok. Isiannya ada kacang tanah, ronde, sagu mutiara dan potongan roti tawar. Pertama meyesapi wedang Ronde, ada sensasi aneh dilidah saat kuatnya rasa jahe dan kenyalnya ronde serta renyah kacang berpadu. Hmm, lumayan enak juga sih. Apalagi kalau pas diminumnya selagi musim dingin atau pas musim penghujan. Tapi lagi-lagi, menurutku secara personal, wedang Ronde paling enak kalau sudah dingin atau nginep di kulkas! Haha
Well, sejak saat itu, aku tak pernah lagi merasai wedang Ronde. Sampai akhirnya, tempo hari tiba-tiba Ibu mertua menanyakan gimana cara bikin Ronde khas Jogja. Karena Umi –panggilan ke Ibu mertua- ternyata suka wedang Ronde. Sayangnya, beliau hanya sesekali bisa ke Jogja dan jajan wedang Ronde. Mungkin karena aku dua tahun kuliah di Jogja, Umi yakin banget deh kalo mantunya bisa bikin wedang Ronde idamannya. Hmmm.. untungnya ada Mbah Google yang siap sedia membantu setiap saat. Jadi meski belum pernah kebayang bikin Ronde. Setelah browsing sana sini akhirnya nemu juga resep wedang Ronde yang pas. Ok deh yuk diintip dulu resepnya!

Bahan Untuk Ronde :
150 gr tepung ketan
1/4 sendok teh garam 
135 ml air matng hangat 
Pewarna hijau (Jika diperlukan)
Pewarna merah (Jika diperlukan)

Bahan Untuk Isi Ronde :
100 gr kacang tanah (sudah dikupas), goreng sangrai
25 gr gula pasir 
1/8 sdt garam 

Bahan Sirup Jahe :
2.000 ml air 
400 gr gula pasir 
400 gr jahe, dibakar, lalu digeprak
1 sdt garam 
4 lbr daun pandan 
6 btg serai, geprek

Bahan Pelengkap :
200 gr kolang-kaling rebus, diiris kecil-kecil. Berhubung aku sedang jadi Bumil yang pantang makan kolang-kaling waktu itu ya aku ganti pake strawberry dah. Jangan dibayangkan rasanya ya, yang jelas beda deh pokoknya, LOL.
3 buah roti tawar hilangkan kulitnya, potong kotak-kotak
25 gr sagu mutiara merah (optional)

Sengaja gag dikasih isian kacang, gak terlalu suka kacng tanah :D

Cara Membuat Wedang Ronde :

Isi Wedang Ronde :  blender separuh dari kacang tanah saat masih hangat, gula pasir , dan garam sampai berbentuk menjadi butiran kecil-kecil tidak terlalu halus. Tambahnkan sedikit air agar mudah dibentuk. Bentuk secukupnya lalu sisihkan. Untuk sisa kacang bisa dijadikan isian sirup jahenya.
Sementara untuk bahan Ronde, campurkan tepung ketan dan garam. Aduk-aduk hingga rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit dan diuleni sampai adonan kalis. Bagi adonan menjadi tiga bagian. Satu bagian diwarnai merah, satu bagian diwarnai hijau, dan bagian terakhir biarkan putih. Aduk-aduk hingga rata masing-masing adonan agar warna merata. Aku sendiri lebih suka tidak memakai pewarna. Hanya sekali saja menggunakan pewarna, itu pun karena penasaran uy!
Selanjutnya ambil adonan ronde secukupnya. Pipihkan dengan tangan. Beri isi secukupnya. Bentuk adonan menjadi bulat. Lakukan membuat bulatan sampai adonan habis.
Lalu masak air hingga mendidih. Masukkan bola Ronde yang sudah dibuat. Rebus hingga bola ronde mengapung. Seanjutnya angkat dan tiriskan.
Cara membuat sirup jahe : campurkan air, gula pasir, jahe,daun pandan, dan serai rebus bahan tersebut dengan api kecil sampai mendidih dan harum.
Cara penyajian: masukan bahan isian ronde dan pelengkapnya kedalam mangkok, lalu tuangkan kuah ronde ke dalam mangkok. Sajikan. Katanya sih, nikmat disajikan selagi panas, kata mereka lho! 
Wedang Ronde siap saji! Yummmi.... ^^
 Untuk Anda yang ingin menonton versi videonya bisa melihat tayangan berikut ini.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar