22 November 2014

Resep Kedelai goreng Renyah dan Gurih








Resep Kedelai goreng Renyah dan Gurih. Hi sobat Didowardah, kita semua tahu kan kalau kacang kedelai banyak mengandung nutrisi. Kacang kedelai biasanya dikonsumsi dalam bentuk tempe, tahu atau susu kedelai. Kandungan nutrisi yang dimiliki kacang ini juga termasuk beragam, seperti hidrat arang kompleks sebagai sumber energi, protein yang mengandung asam amino esensial. Belum lagi kandungan kalsium untuk pertumbuhan tulang juga isoflavon yang mempunyai efek estrogen untuk mendapatkan tulang yang padat dan mencegah menopause. Nah lho bergizi sekali ternyata ya! Kali ini guwe akan berbagi olahan kacang kedelai menjadi camilan renyah dan gurih, yaitu cukup digoreng dan dibumbui. Tetapi ada triknya lho biar kacang kedelai tidak melempes dan mentah didalam saat digoreng. Kacang kedelai goreng juga nikmat disantap dengan bubur ayam lho. Resep bubur ayam-nya silahkan bisa diintip disini. Ok sekarang yuk diintip resep kedelai gorengnya.

Kedelai sebelum dan setelah digoreng

Bahan Resep Kedelai goreng Renyah dan Gurih:

½  kg kacang kedelai 
Air secukupnya untuk merendam

 


Bumbu yang dihaluskan :

5 butir bawang putih
2 sdm garam

Cara Membuat Resep Kedelai goreng Renyah dan Gurih:

 
fresh from the wajan LOL
Pastikan kacang kedelai sudah dicuci bersih. Selanjutnya campur air dan bumbu halus. Rebus campuran bumbu dan air hingga mendidih. Lalu masukan kacang kedelai. Matikan kompor. Biarkan kacang kedelai terendam air panas yang sudah dibumbui tadi. Biarkan terendam selama kurleb 5 jam hingga air dan kacang kedelai benar-benar dingin dan bumbu meresap. Kemudian tiriskan kacang kedelai lalu angin2kan supaya kering. 

Setelah kering baru digoreng dengan minyak banyak sampai renyah. Kacang kedelai yang matang terlihat dari bobot kacang saat diaduk-diaduk yang terasa ringan dan warna kuning emas kecokletan. Kemudian saring dan tiriskan kacang diatas lembaran tisue agar minyak terserap. Baru setelah itu kacang kedelai bisa disimpan ditoples agar tetap kriuk-kriuk. 
Pastikan kedelai goreng dialasi tissue


NB: Pastikan kacang kedelai sebelum digoreng benar-benar kering lho ya, kemarin aku bikin kedelainya belum terlalu kering dan jadinya meletup-letup huuft. 
nikmat disantap dengan bubur ayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar