23 November 2014

Resep Membuat Cakwe Goreng





Resep Membuat Cakwe Goreng. Cakwe dengan rasa gurih selain nikmat dicocol dengan sambal. Juga nikmat disajikan dengan olahan bubur ayam lho ya. Cakwe biasanya dicetak pipih memanjang tapi kalau mau lebih variatif juga bisa dicetak kotak seperti golang-galing lho.  Cakwe kotak biasa juga disebut kue bantal, bedanya dalam pembuatan kue bantal ditambahan gula sehingga menciptkan sensai gurih-manis nan nikmat. Selain itu bisa kita tambahkan juga biji wijen ataupun lelehan madu dan gula kalau menginginkan cakwe goreng yang luar biasa manis. Berikut ini resep mudah membuat cakwe goreng.


Nikmat disantap dengan buryam Nyaaam


Bahan Cakwe Goreng

Tepung terigu protein sedang 250 gram
Garam 1 sendok makan
Soda kue 1sendok teh
Baking powder 1/2 sendok teh
Minyak goreng untuk menggoreng 

Cara membuat Cakwe goreng

Pertama-tama campur terigu , baking powder , garam , baking soda lalu aduk hingga rata . Setelah itu masukkan sedikit demi sedikit air sambil terus diaduk selama 20 menit . Uleni terus adonan sampai adonan kalis dan tidak menemel lagi pada tangan dan elastis .
Selanjutnya balik permukaan adonan kemudian baerikan sedikit minyak goreng lalu diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam . Setelah 1 jam ,  simpan kembali adonan selama kurang lebih 4 jam dengan dibungkus plastik .

Kemudian keluarkan  adonan dari plastik lalu tempatkan pada talenan yang lebar , untuk membuat cakwe dengan bentuk persegi panjang pertama  pipihkan adonan dengan menggunakan rol kue lalu bentuk persegi panjang dengan lebar 6 centi meter dan tebal 15 mili meter atau sesuai selera .
Potong-potong adonan menjadi bagian lebih kecil menurut selera , lalu ambil dua bagian adonan yang telah dipotong dan rekatkan menjadi satu namun dengan ukuran yang sama . lakukan terus sampai adonan habis dan adonan cakwe siap untuk di goreng .
Sementara buat kamu yang lebih suka bentuk cakwe dengan bentuk kotak  pertama ambil adonan, tinggal dibentuk kotak. Olesi permukaannya dengan air lalu gulingkan di atas butiran wijen. Lalukan sampai adonan habis.


Panaskan minyak goreng pada wajan dengan menggunakan api sedang , dan perhatikan saat menggoreng cakwe yang bentuk panjang adalah tarik kedua bagian ujungnya perlahan namun jangan sampai putus , sehingga dapat mendapatkan bentuk yang bagus dan menarik , lalu goreng .
Dalam proses penggorengan cakwe akan mengembang dan setelah warna telah berubah warna menjadi kecoklatan , angkat lalu tiriskan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar