23 November 2014

Resep Bubur Ayam Nikmat ala Didowardah





Resep Bubur Ayam Nikmat ala Didowardah. Hmmm siapa yang suka sarapan bubur ayam? Sajian bubur yang tidak terlalu mengenyangkan memang cocok untuk sarapan. Karena itu kebanyakan bubur ayam khusus di jual dipagi hari atau paling tidak kedai-kedai yang menjual bubur ayam biasanya bertahan sampai siang. Sementara di Jogja dulu saya biasa njajan bubur ayam di jalanan Kaliurang sekitar km 5 yang mangkal hanya sekitar 3 menit dari kost-an. Bubur ayamnya gila yummy banget makanya gak heran kalau telat dikit saja missal kesana pukul 8.00 dijamin sudah gak kebagian dah, tinggal gerobaknya doang. Makanya biasanya berpagi-pagi sekitar pukul enam atau tujuh, sengaja guwe jalan kaki demi mendapatkan seporsi bubur ayam yang dibandrol lima rebu –gilaa murah-  tapi karena nambah sate usus+ati+empela+telur puyuh dan +++ lainnya, biasanya bengkak jadi 16 rebu ckckkck. Lumayan lah sebanding dengan rasa dan kuantitasnya!

Nah ceritanya kemaren itu tiba-tiba ingat bubur ayam Kaliurang, hadeuuh karena males bikin, sengaja browsing2 dan berharap ada kuliner bubur ayam yang enak di Madiun. Dari beberapa ifo yang didapatkan dari blog dan google map, ketangkep dah katanya ada bubur ayam enak di Jl. Diponegoro, juga di alun-alun kota Madiun. Hmm yawdah deh langsung aja minta anter suami ke TKP, waktu itu malam-malam sih,  kemungkinan besar bubur ayam kan jualan pagi-pagi. Tapi berhubung alun-alun lebih rame di malam hari, jadinya gambling aja moga nemu bubur ayamnya. Setiba di TKP ternyata harus gigit jari hiks.. Sampai akhirnya nemu juga warung tetap dengan tulisan huruf capital besar-besar “bubur ayam” di Jl. H. Agus Salim tapi ternyata lagi-lagi apes, warungnya tutup. Ya sudah deh akhirnya pencarian malam itu berakhir di warung seafood yang bersandingan dengan warung tenda pecel Rahayu. Dasar emang udah ngeces, meski sudah kenyang makan malam, bubur ayam-nya masih saja terbayang sampai esok paginya.

Hmm…Akhirnya guwe putuskan buat bikin bubur ayam sendiri huhu… itung-itung sambil trialbikin bubur buat Mpasi nanti, cieeh. Resep bubur ayam nikmat ini hasil modifikasi setelah browsing-browsing resep bubur ayam di mbah google. Dimodif karena emang disesuaikan dengan selera aku. Misalnya aku tambahkan serai dan lengkuas karena emang aku sukaa banget olahan kuah dengan irisan lengkuas dan geprekan sereh.

Meski sekilas olahan bubur itu simple ternyata pas bikin pelengkapnya sekaligus cukup melelahkan. Apalagi pas harus nggoreng kacang kedelai sendiri hufttt. Untungnya untuk masak-masak entah kenapa selalu aja ada energi walau setelah masak beres, biasanya langsung tepar lagi haha. Ceritanya guwe minta tolong suami buat nyari kacang kedelai goreng dan cakwe. Dan ternyata malah dibelikan kedelai mentah dan cakwe manis. Duuuhhhh… ya sudah deh nekat sekalian bikin cakwe dan kedelai gorengnya. Untuk cakwe bisa di lihat resepnya disini ya. Sementara trik menggoreng kedelai renyah dan gurih bisa dilihat disini. Ok, sekarang yuk langsung saja kita intip resep bubur ayam nikmat ala Didowardah-nya.

Cocok buat sarapan pagi yang sehat

Bahan bubur ayam:


250 g beras, cuci bersih
2 Daun Salam
1 ½ liter air (campuran dari kaldu ayam dan air)
1 Jeruk nipis


Bahan kuah bubur ayam:


1 buah dada ayam, buang kulitnya
1 batang serai, memarkan
4 lembar daun jeruk
2 cm lengkuas, memarkan
1 sdm garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
1 liter air (campuran dari air dan sisa rebusan ayam)
1 sdm kecap manis
minyak untuk menumis

Bumbu halus untuk kuah bubur ayam:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 cm jahe
1/2 sdt ketumbar
3 cm kunyit
1 sdt ketumbar

Proses kedelai dari mentah hingga kriuk lezat

Bahan pelengkap bubur ayam:


100 g kerupuk kanji
2 sdm bawang merah goreng
2 sdm seledri cincang
2 sdm daun bawang cincang
Cakwe secukupnya, iris tipis
100 g kedelai goring
Sate empela, telur ataupun jeroan (optional)
Proses ayam dr direbus hingga disuwir
Cara membuat bubur ayam:
Sebelum diolah, cuci ayam dan lumuri dengan jeruk nipis. Biarkan selama 15 menit.  Setelah itu, rebus ayam  dengan dua liter air. Jangan lupa beri sedikit garam dan daun salam. Angkat ayam setelah empuk, sementara itu, ambil separuh dari kaldu untuk campuran air membuat bubur.  Sisihkan.


Kemudian untuk membuat kuah bubur ayam, pertama tumis bumbu halus, serai, daun jeruk dan lengkuas. Setelah harum masukan bahan kuah bubur ayam. Masukkan ayam dan kaldu sisa rebusan ayam tadi. Tambahkan  garam,  kecap, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk hingga berubah warna. Tambahkan air secukupnya (kira-kira semuanya menjadi 1-1/2 liter). Masak hingga matang dan bumbu meresap. Angkat ayam, kemudian goring ayam dan suwir-suwir, sisihkan.  Terakhir sajikan bubur bersama ayam suwir, bahan pelengkap, dan kuah bubur ayamnya. Buat yang penggemar pedas bisa ditambahkan sambal yah... :)
Bubur ayam siap disajikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar