7 November 2014

Resep Pizza Leleh Pedas tanpa Keju Mozzarella




Pizza tanpa keju



RESEP PIZZA. Hai sobat Didowardah. Kali ini aku mau bagi-bagi resep masakan khas Italia yang tidak asing lagi, pizza dengan topping ekstra mozzarella cheese-nya .  Hmmm sebenarnya aku bukan yang terlalu pizza lover ya, tapi termasuk sering juga jajan pizza karena suka kangen dengan lelehan pizzanya. LOL. Dulu hampir tiap hari aku suka bikin pizza mini tapi berhubung aku belum kenal internet ya gak pernah sharing2 resep pizza. Terakhir kali  aku bikin pizza hampir 10 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2005. Nah kebetulan, tempo hari saat membuka salah satu kado pernikahan dari teman-teman satu angkatan di CRCS 2012 aku sedikit terkejut karena ternyata mereka paham banget kalau aku hobi masak-masak. Dan taraaa... satu teflon cantik pun mereka sulap jadi kado paling istimewa untukku. Tadinya sih langsung kepikiran buat bikin ommelete mie telor khas masakan anak kost. Tapi berhubung lagi puasa makan mie instant selama jadi Bumil eh kepikiran bikin pizza teflon yang lagi booming. Yup, bikin pizza yang gag perlu repot menggunakan oven tapi cukup dengan teflon -yang tentunya harus ditutup ya teflonnya. Agar suhu panas di dalam teflon tetap merata. Kendalanya, menggunakan teflon ini air dari tutup –baik tutup panci maupun tutup alumunium lainnya- teflonnya suka menetes mengenai pizza. Karena itu sebaiknya disiasatin dengan membungkus tutup menggunakan kain bersih secara rapat-rapat agar mencegah air menetes. Kalau aku sendiri berhubung tidak ada kain, aku cari jalan lain yang tidak kalah nyleneh. Haha  jadi malah sengaja aku tutup teflon isi pizza dengan teflon lain yang ukurannya sama besarnya dengan teflon yang aku pake, jadi cara kerjanya mirip dengan happy pandeh. Atau mungkin asik juga ya, bikin pizza pake happy pan dengan bentuk kotak –hmmm kapan-kapan nyoba ah.
 
Teflon ditutup teflon LOL
Penampakan pinggiran pizza yang diisi daging, yummmy!!



By the way, walau sudah ngubek-ngubek pasar ternyata yang namanya mozzarella cheese alias keju yang bisa meleleh khas si pizza Italia ini di tempatku gak ada. Mungkin harus hijrah ke kota dulu kali ye. Untungnya pas browsing-browsing ada alternatif kalau saus bechamel yang biasanya dipake untuk saus lasagna ataupun pasta bisa dipake untuk resep pizza. Hmmm selain rasanya gak kalah lezat dengan keju, leleh dimulut saat dimakan panas-panas, yang jelas saus bechamel lebih rendah kalori dan lebih menyehatkan lah ya. Selain itu buat yang gak doyan keju juga bisa jadi alternatif.  Ok deh yuk langsung saja kita intip resep pizza-nya.

Bahan Roti Pizza:

200 gram tepung terigu protein tinggi
50 gram tepung terigu protein sedang
50 gram water roux starter (dari 50 ml air dan 5 gram tepung terigu)
200 ml air susu hangat dari dua sdm susu bubuk
 1 sdm m
entega
½ sdm minyak sayur
4 gram ragi instan (aku pake Fernipan)
1 sdt gula pasir 

1 sdt garam halus
(Takaran ini untuk teflon ukuran sedang dengan diameter 26 cm. Tapi kalau mau roti pizza yang lebih tipis dan crunchy bisa dijadikan dua kali memanggang ya! )
Topping Pizza


Topping Pizza:

1 Jagung manis, pipil, rebus sebentar.
1 Tomat buang isinya, potong dadu.
2 Sosis sapi, iris tipis, tumis sebentar.
50 gr Brokoli, potong bonggolnya, rebus sebentar.
100 gr Ayam, rebus lalu disuwir. Tumis sebentar dengan rajangan 2 siung bawang putih, irisan bombay lalu tambahkab garam dan merica.
Daun bawang, rajang halus (optional)
150 gr Daging sapi giling untuk isi pinggiran pizza, tumis sebentar dg margarin, garam dan merica (optional, karena bisa diganti dengan sosis sapi atau bahkan tidak perlu membuat pinggiran pizza).
Menumis Ayam Suwir



Saus Tomat Pizza:

1 sdm saus spaghetti botolan
1
½  sdm saus tomat
2 sdm saus pedas
atau satu sdm cabe bubuk (kalau gak suka pedas bisa dikurangin yah..)
1 sdt gula


Saus Bechamel  (Pengganti keju mozarella)

1/2 sdm margarine
1 sdm tepung terigu
200 ml susu (dari 2 sdm susu bubuk yang dilarutkan dalam 200 ml air)
1/2 sdt garam
sejumput lada hitam (opsional)

Cara Membuat Pizza:

UNTUK water roux starter : Larutkan tepung terigu dan air dalam panci kecil. Aduk hingga gumpalan-gumpalan larut. Masak di atas api kecil sambil diaduk-aduk hingga muncul letupan pertama. Matikan api. Lanjutkan aduk adonan beberapa saat.. Sisihkan.

UNTUK Roti pizza : Larutkan ragi instan dan gula dalam air. Masukkan water roux starter dan mentega, aduk rata. Masukkan tepung dan garam sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan sendok kayu. Uleni adonan hingga kalis. Lumuri dengan minyak sayur. Taruh dalam baskom atau panci, tutup wadah rapat-rapat dengan kain basah atau plastik bersih. Diamkan minimal 45 menit  atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat.
Suami ikut nimbrung, pas mbantu nusukin kebanyakan gini ckckk



Setelah mengembang, tata adonan dengan meratakannya di teflon. Tusuk-tusuk dengan garpu agar adonan nantinya bisa mengembang –untuk yang ke dua kali. Jika ingin membuat variasi pizza dengan isi dipinggirannya. Kita bisa menyisakan sedikit adonan, bentuk jadi bulat, pipihkan lalu isi dengan daging sapi giling yang sudah ditumis tadi, atau bisa juga menggunakan potongan sosis atau suwiran ayam. Taruh disekeliling adonan yang sudah ditata diteflon. Aku sendiri waktu itu membuat 12 bulatan isis daging giling dan aku taruh (dengan sedikit ditekan agar rekat) masing-masing empat bulatan di empat sisi adonan pizza. Sementara menunggu adonan mengembang, kita siapkan topping dan saus bechamel.

UNTUK saus bechamel : lelehkan margarine dalam panci kecil, masukan tepung terigu, aduk hingga warnanya berubah kecoklatan. Masukkan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan hand whisk agar tidak menggumpal. Adonan sedikit cair, namun akan mengental ketika dingin. Masukkan garam dan lada, cicipi rasanya. Tunggu hingga saus meletup-letup. Angkat, sisihkan.


Panggang roti pizza yang sudah ditata di teflon tadi dengan api kecil kurang lebih 10 menit. Tutup teflon dengan rapat.
Well,  selanjutnya kalau bagian bawah roti sudah mulai kecoklatan, angkat teflon dari kompor, tata toppingnya. Pertama-tama oleskan saus ke permukaan roti, taburkan jagung pipil, tumis suwir ayam dan bombay, brokoli juga potongan tomat. Panggang lagi kurleb 10 menit hingga tomat terlihat sedikit keriput. Angkat teflon, beri saus bechamel, panggang lagi sekitar 5-8 menit. Angkat dan sajikan. Sama seperti keju leleh, saus bechamel akan mengeras ketika pizza dingin.
Ini dia teflon dari teman-teman tersayang #LOVE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar