5 November 2014

Resep Paria Kumbu Khas Makassar




Kumbu Paria

Hello sobat Didowardah. Yang suka dengan ke eksotisan rasa pahit Paria alias pare yuk merapat. Kali ini aku bagikan resep olahan pare khas Makassar. Nama masakannya Paria Kumbu, Kumbu artinya isi. Jadi memang ceritanya memasak pare dengan isi ikan ataupun teri. Kali ini aku menggunakan ikan layang, walau biasanya mereka menggunakan ikan teri ataupun tongkol.  Meski rasa paria kumbu sedikit pahit, tapi menurutku paduan aroma wangi khas kelapa sangrai dan bumbu lengkap serta siraman santal kentalnya menciptakan sensasi yang berbeda. Yang jelas, ngangenindan addictive! Sayang sekarang sedang menjadi Bumil, jadi Cuma bisa ngiler karena sampai delapan bulan kedepan masih harus puasa makan pare. Oh ya,  ini kali pertama aku masak paria kumbu lho, biasanya cuma ditumis biasa sih kalo ngolah pare. Tapi terbiasa dipamerin foto-foto paria kumbu sama dosen aku yang kebetulan dari Makassar di beranda FB beliau, jadi pengin nyoba masaknya deh. Akhirnya, berbekal googlingcoba-coba deh membuat paria kumbu ini. Hasilnya sangat memuaskan. Karena emang satu rumah yang doyan Cuma aku sama suami. Jadi ya... satu piring gede SUKSES ludes sama  kami berdua. Huhu.. yuk ah langsung saja capcus ke resepnya. 

Cara memasak Paria Kumbu

INGREDIENTS
3 Pare ukuran besar, potong horizontal menjadi empat bagian. Lalu kerok isinya sampai tandas.
2-3 Ikan tongkol/layang ukuran sedang (bisa digantikan dg 300 g teri)
Satu ikat kecil daun kemangi segar (optional)
¼ biji kelapa agak muda (diparut dan disangrai)
1 telur (untuk yang alergi telur seperti suami aku, bisa diganti dengan kentang puree)
Dua batang sereh, geprek
Dua ruas lengkuas, geprek
Satu sdt air asam (bsa diganti dengan perasan jeruk nipis)
500 ml santan encer
200 ml santan kental
10 lembar daun jambu biji (bisa diganti dg daun jeruk)
Minyak goreng secukupnya

BUMBU HALUS
Bumbu halusnya dibagi dua ya, yang separuh untuk isian pare-nya dan separuhnya lagi untuk kuahnya. Bedanya untuk bumbu kuah ditambahkan ekstra irisan bawang merah dan cabe merah.
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 ruas jahe
2 sdt ketumbar
¼ sdt jinten
2 ruas lengkuas, iris-iris
2 batang sereh bagian putihnya, iris-iris
1 sdt merica
Garam
Gula pasir secukupnya.

CARA MEMASAK. Cuci bersih pare yang sudah dibuang bijinya. Masukkan pare ke dalam panci yang berisi jambu biji dan air. Rebus sampai setengah matang, jangan lupa tambahkan garam. Angkat dan tiriskan. Proses ini untuk mengurangi rasa pahit pada pare.
Lalu campur ikan yang sudah dihaluskan, kelapa sangrai dan setengah dari bumbu halus. Tambahkan telur untuk mengikat adonan, aduk sampai rata. Telur bisa digantikan dengan purre kentang. Puree kentang bisa dibuat dengan merebus 1-2 kentang lalu dihaluskan. Campur dengan adonan sampai rata.
Kemudian masukan bahan isian tadi ke dalam pare sambil dipadatkan. Lakukan semua sampai pare habis. Nah dalam tahap ini ada dua pilihan, pare yang diisi bisa langsung di masak dengan santan, atau silahkan parenya dikukus dulu sampai agak matang baru dimasak santan. Cara terakhir terlihat lebih rumit tapi menurut aku lebih bagus dihasil akhir. Terutama kalau kita menggunakan puree kentang sebagai isian, jadi menghindari isi pare pecah kemana-mana.
Sementara cara memasak santanya, pertama panaskan minyak goreng, masukan irisan bawang merah. Setelah wangi, masukkan sisa bumbu halus. Tumis bumbu dan masukan sereh, lengkuas, daun salam. Lalu masukkan santan encer dan pare. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap. Biarkan medidih sambil sesekali diaduk. Saat santai mulai berkurang,  masukan santan kental, air asam dan daun kemangi.  Masak lagi hingga mendidih. Angkat dan sajikan.
Paria Kumbu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar