15 November 2014

Resep Nugget Ayam-Sayur Tanpa Telur

Nugget Ayam-sayur Tanpa Telur



Resep Nugget Ayam-Sayur Tanpa Telur. Hmm kali ini bayar utang menuhin request sepupu untuk membagikan resep nugget ayam. Ceritanya para ponakan nih suka banget sama nugget, dan sepupuku itu sebagai Ibunya penasaran juga gimana bisa bikin nugget sendiri yang lebih menyehatkan dan tentunya hiegenis juga halal karena kita sendiri yang menyiapkan bahan-bahannya dan tahu sumbernya dari mana. Terlepas dari itu, saya sendiri, sebagai veggy-holic, rugi dong ya bikin nugget tanpa disisipin sayuran. Apalagi nugget notabene makanan favorite anak-anak, sudah selayaknya deh, meracuni anak-anak untuk menjadi veggy- lover sejak dini. Haha. Sayurnya dikit aja kog karena kalau banyak-banyak juga nuggetnya jadi kurang renyah dan terlalu lembut. Kan makannya jadi kurang greget gitu! Hmm...Sebenarnya ini kali pertama saya bikin nugget tanpa telur, karena dulu di rumah gak ada yang alergi telur. Semenjak punya suami yang alergi telur, sekarang banting setir dah, setiap masak yang menggunakan telur sebisa mungkin dicari alternatifnya tanpa menghilangkan kelezatan dan cita rasa masakan itu sendiri. Akhirnya, ketemu deh saus bechamel sebagai pengganti telur untuk perendam nugget. Dan juga kentang rebus sebagai perekat adonan, sama saat aku membuat sate lilit maupun kumbu paria.
 
Ok deh langsung saja kita intip resep nugget ayam-sayur tanpa telur-nya yuk... Sekali lagi ini hanya alternatif, yang doyan dan suka telur yaaa mending menggunakan telur aja deh. Lebih praktis juga kan gak perlu bikin saus bechamelnya gitu. Well then...

Bumbu, sayur dan ayam diblender jadi satu

Bahan Nugget Ayam-Sayur Tanpa Telur

Empat buah fillet dada Ayam (sekitar 500 gr), dipotong-potong
3 sendok makan tepung sagu
2 lembar roti tawar, rendam dalam 150 ml air susu (dari dua sendok susu bubuk), peras dan sisihkan
Saus bechamel sebagai perendam, hasilnya lebih gurih dan maknyus. Bagi yang mau lebih praktis dan tidak bermasalah/alergi dengan telur bisa menggunakan 1 butir telur ayam, dikocok .
Dua  buah kentang rebus sebagai perekat adonan.  Kalau resep umumnya biasanya mengunakan 1 butir telur ayam sebagai perekat adonan.  
½ atau 1 bonggol jagung muda, serut halus
2 batang seledri dan daun bawang, rajang
Satu buah wortel, potong-potong
Keju cheddar 100 g (optional/tidak wajib)
Satu bungkus tepung roti kemasan 200 gr
Love you

Bumbu Nugget Ayam-Sayur Tanpa Telur




4 buah bawang putih
½ sdm gula pasir
Garam secukupnya (kalau mau praktis dan suka penyedap bisa digantikan masako secukupnya)
½ sdt merica bubuk 

Cara membuat nugget ayam-sayur tanpa telur

Pertama campur daging dan bumbu juga sayur (wortel, seledri daun bawang dan jagung) ke dalam blender khusus daging atau alat lainnya. Lalu beri parutan keju. Blender lagi adonan hingga merata. Jika agak susah berputar, bisa ditambahkan sedikit air, jangan kebanyakan air biar tidak lembek nantinya. Angkat adonan dari blender, tuang ke dalam mangkok. Kemudian masukan kentang rebus yang sudah dipotong-potong sambil diremas-remas sampai merata. Terakhir masukan  roti tawar yang sudah diperas. Tambahkan tepung sagu. Tepung sagu bisa ditambahkan lagi jika adonan terlalu lembek.

Selanjutnya masukan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan minyak goreng atau margarine. Kukus adonan selama kurang lebih 20 menit. lalu angkat dan tunggu hingga dingin. Kemaren aku semangat banget waktu adonan nugget masih panas sudah dipotong jadinya kurang bagus, haha. Oh ya kalau mau lebih kreatif, adonan bisa dibentuk sesuai selera ya bisa bentuk hati, karakter binatang dsb tentunya waktu sebelum dikukus. 

Masih panas diiris, retak deh LOL

Setelah adonan dingin, baru boleh kita potong. sedangkan ukurannya disesuaikan nugget pada umumnya saja. Selanjutnya celupkan potongan nugget kedalam saus bechamel yang masih hangat (bisa menggunakan telur yang sudah dikocok) lalu gulingkan ke dalam tepung roti. Goreng sampai berwarna kuning keemasan. Sajikan dengan saus sambal maupun mayonaise. Untuk sisa nugget bisa kita simpan di freezer dan sewaktu-waktu bisa kita goreng. 
 

NB: Cara membuat saus becahamel untuk Nugget Ayam-Sayur Tanpa Telur

 
Proses pembuatan saus bechamel

Adapun untuk pembuatan saus bechamel sebagai pengganti telur yaitu dengan memanaskan ½ sdm margarin, lalu masukan 200 ml air susu dari dua sendok susu bubuk yang dicampur dengan satu sendok tepung terigu. Tambahkan sejumput lada bubuk dan garam. Aduk hingga adonan merata dan tidak menggumpal, setelah meletup-letup angkat. Sekarang saus bechamel siap digunakan sebagai perendam nugget pengganti telur.
Nugget Cinta siap disajikan :)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar