16 Januari 2015

Resep Masakan Sehari-hari: Martabak Telor -pake- Teflon ala Didowardah



Martabak Telor ala Timur Tengah


Resep Masakan Sehari-hari: Martabak Teflon ala Didowardah. Martabak ini sebenarnya diadopsi dari martabak Timur tengah yang khas dengan aroma bubuk Cumin alias jinten. Ceritanya kemaren-kemaren guwe mendadak ngeces pengin Kebab Turki, pas udah nyoba beli kebab rasanya gag cocok karena yang diangan guwe tuh harus sama dengan yang pernah guwe makan di jalanan Istanbul ckckkck. Yasudah deh daripada kebayan-bayang terus si Kebab-nya akhirnya browsing2 situs2 masakan Timur tengah. Hmmm ternyata bikin kebab rumahan di pelosok desa kayak guwe susah nyari dibahan-bahannya. Yupz.. keliling Madiun nyari yang jual roti Tortila beku untuk kulit kebab ya serasa mencari jarum di tumpukan sekam, nihil. Mau bikin juga gag ada "saj"-nya, itu tuh wajan besi ceper yang buat manggang roti tortila biar maknyus dan khas wangi tungku. Dan ditengah-tengah kegalauan, tiba2 keinget jajanan khas Timur tengah yang sama2 dari daging dan berbalut tortila yakni Muttabaq. Bedanya yang ini lebih simple dan bisa nemuin semua bahan-bahannya di dapur tanpa harus berburu. Selain itu penggunaan "saj" bisa diganti dengan teflon ukuran besar yey! Yang guwe pake teflon dengan diameter 26 cm.

Add caption

Well, Muttabaq (istilah di Timur Tengah) alias Martabak telor kalau di-kita. Hmmm.. sekarang masalahnya suami alergi telor dan bahan baku martabak telor ya otomatis sarat telor, nah lho. Yawdah deh akhirnya bikin dua porsi, satu versi telor satunya bebas telor. Adil deh, kebetulan bikinnya kemaren hari Kamis pas orang rumah pada puasa, kecuali guwe haha, pas buka n nyicip si martabak telor yang tanpa telor eh ternyata suami suka, Alhamdulillah. Padahal swear ewer ewer pas guwe nyobain martabak suami, rasanya masih nendangan yang pake telor hihi. Beruntung ya kita yang masih bisa dapat nikmat untuk tidak alergi telor! Hayuuh dah kemana2 deh pembukanya, yuk langsung saja kita kulik resep masakan Sehari-hari: Martabak telor -pake- teflon ala guwe.


ADONAN KULIT Martabak Telor

2 gelas -ukuran gelas belimbing- terigu serbaguna (guwe kemaren pake Cakra kembang dan Segi Tiga Biru dengan perbandingan 1:1)
Air secukupnya
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
2 Sdm susu bubuk skim
1 telor (di skip bisa juga tetap enak lho)
Semangkok Minyak Goreng untuk merendam adonan

ADONAN ISI Martabak Telor

1 Bawang bombay, potong dadu
3 Siung bawang putih potong dadu
300-400 gr Daging giling (bisa ayam, kambing atau sapi, kalau guwe sendiri suka yg daging sapi bukan digiling tapi sengaja dipotong dadu kecil2 biar lebih terasa)
2 Tomat, buang biji lalu dipotong dadu
1/2 sdt bubuk Jinten (kalau aku suka aroma jintennya yg tajam makanya dikasih 1 sdt jintennya)
1/2 sdt bubuk merica
1/2 sdt bubuk ketumbar
1/2 sdt gula pasir
1 Gelas potongan daun bawang
1/2 gelas potongan seledri
1-2 sendok pasta cabe merah (bisa diganti bubuk cabe atau diskip kalo gag suka)
4 telur (yang satu untuk olesan, perekat adonan)
Garam secukupnya
Keju parut 2-3 Sdm (bisa diskip kalau gag suka)
Minyak secukupnya untuk menumis

Isian Martabak Telor

PELENGKAP Martabak Telor

Jeruk lemon/nipis, 
Potongan mentimun 
Selada 
Cabe rawit

CARA I Membuat Adonan Martabak Telor

Campur tepung, minyak goreng, bubuk skim dan garam hingga rata. Lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Sekiranya adonan kalis, bagi adonan menjadi beberapa bulatan kira-kira masing-masing bulatan sebesar jeruk Santang. Lalu celupkan semua bulatan tadi kedalam mangkok yang sudah diisi minyak goreng (pastikan semua adonan terendam dengan sempurna). Diamkan di kulkas minimal tiga jam. Proses perendaman di dalam minyak jangan di-skip ya, ini untuk membuat adonan mudah dipipihkan dan dibentuk nantinya. Sementara menunggu kita bisa langsung bikin untuk isisan martabaknya.

Adonan harus terendam sempurna ya

CARA II Membuat Isian Martabak Telor

Panaskan minyak, masukan potongan bawang bombay, tambahkan pasta cabe. Setelah harum masukan daging giling dan semua bumbu. Setelah daging empuk, masukan potongan daun bawang dan seledri. Terakhir masukan tomat lalu angkat dan sisihkan. Pastikan adonan dingin, lalu masukan 3 biji telur, tambahkan keju, aduk hingga merata. Nah buat yang gag pake telor isian bisa dicampur dengan saus bechamel. Untuk membuat saus bechamel bisa dicontek disini ya.
Penggilas adonan yang guwe pake

CARA III Proses membuat Martabak Telor

Panaskan teflon dengan api kecil, lalu tuang minyak 1/2 sdm aja jangan banyak, pastikan apinya dibiarkan kecil ya. Sambil menunggu minyak panas, kita ambil bulatan adonan martabak, lalu pipihkan dengan kayu pemipih adonan, kalau gag ada bisa diganti dengan botol kosong yang bersih. Oh ya untuk memipihkan adonan harus dipermukaan yang rata ya, kalau guwe langsung diatas meja tegel pantry yang emang dah guwe bersihin dulu sampai licin hihi. Pipihkan adonan hingga tipis dan usahakan bentuk jadi persegi.
Lalu pelan-pelan ambil ke dua sisi adonan sambil di "jembreng" kayak mau njemur sarung gitu deh :) letakan diatas teflon. Nah kalau adonan sudah masuk teflon, jangan lupa api dibuat sedang ya. Kalau api terlalu besar nanti cepat gosong, tapi kalau terlalu kecil yang ada adonan lama matangnya dan jadi crispy nanti susah dilipat. Oke, setelah dirasa masak -sampai terlihat bulatan-bulatan cokelat dipermukaan bawah adonan- segera dibalik dengan spatula. Lalu ambil 2-3 sendok isian martabak dan ratakan tepat ditengah adonan secara memanjang. Lipat keatas bagian bawah, olesi perekat dengan kocokan telur (yang gag pake telor bisa pake adonan tepung+air). Lalu sisa adonan bagian atas dilipat ke arah bawah. Jadinya persegi panjang, silahkan lihat gambar kalau puyeng ya :)
Langsung dipipihkan aja diatas meja tekel :)

Teknik melipat martabak telor ala guwe

Lakukan step yang sama pada semua bulatan sisa adonan sampai habis. Ok, sekarang Martabak bisa dipotong sesuai selera. Setelah itu disajikan dengan pelengkap. Muantap dihidangkan panas-panas! Have a nice trial! :*

Proses pembuatan martabak telor

Martabak telor siap disantap

Tidak ada komentar:

Posting Komentar