26 Januari 2015

Menu Masakan Hari Ini: Pepes Tuna Asam Pedas



Pepes Tuna Mix Mangga Muda



Menu Masakan Hari Ini: Pepes Tuna Asam Pedas. Hai sobat Didowardah, buat kamu yang bingung membuat menu masakan hari ini dan ada ikan dikulkas, yuk dicoba aja pepes ikan yang satu ini. Well, kali ini guwe mau berbagi resep pepes ikan yang unik. Unik karena sebenarnya ini resep pepes Sunda khas masakan Bunda di rumah tapi dimodifikasi dengan penambahan irisan mangga muda. Hmm sayang waktu itu pas sesi foto si pepes eh baterei nikon-nya habis yawdah lah foto jadinya seadanya aja, malah bisa dibilang gak eye-catching banget. Hiks padahal rasanya mantaaaps uy, cocok banget buat para bumil yang lagi suka makan asem2 yang seger. Pas dipanggang nih, kombinasi aroma daun pisang, daun jeruk, daun salam dan kemangi dengan daging ikannya bikin lahap makan pokoknya. Guwe juga sampe nambah makan siangnya dua kali hihi. Ok deh langsung ke TKP,  berikut resep Pepes Tuna Asam Pedas:

Bahan Pepes Tuna Asam Pedas:


500 gram ikan Tuna, potong-potong (Waktu itu guwe jadi 6 potong)
1 jeruk nipis, belah dua
Daun pisang
1 buah mangga mengkal, iris korek api
1ikat daun kemangi, petiki daunnya
Dua tomat hijau, belah empat
1 bawang bombay, iris memanjang
6 lembar daun salam (jumlah ini sesuai dengan jumlah potongan ikan)
6 lembar daun jeruk (jumlah ini sesuai dengan jumlah potongan ikan)
6 cabe rawit utuh (jumlah ini sesuai dengan jumlah potongan ikan)

Mangga muda untuk Isian pepes

Bumbu (dihaluskan)Pepes Tuna Asam Pedas:


5 buah cabai merah
3 buah cabai rawit
3 siung bawang putih
1 cm kunyit
½ ruas jahe
4 butir kemiri
Garam dan gula pasir secukupnya
2 sendok makan perasan air asam/jeruk nipis
Sarat dedaunan uy :)


Cara membuat Pepes Tuna Asam Pedas:


Setelah dipotong, cuci bersih. Lalu lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama kurleb 20 menit. Selanjutnya cuci lagi ikan sampai bersih. Fungsi jeruk nipis menghilangkan amis pada ikan, tapi sebellum dimasak pastikan bebas dari air jeruk karena jika air jeruk terkena panas api, maka membuat rasanya  jadi sedikit pahit. Well, kemudian  ikan Tuna dicampur dengan bumbu halus.
Kemudian tata sepotong ikan diatas daun pisang, dengan menambahkan beberapa daun kemangi, 1 daun jeruk, 1 daun salam, 1 cabe rawit utuh, potongan mangga dan potongan tomat hijau. Bungkus ikan dan semat daun pisang ujungnya dengan lidi. Lakukan sampai habis. Kukus hingga matang. Jika ingin aroma dedaunannya makin keluar, bisa dipanggang lagi setelah dikukus.


Nyaaam.... Masakan Pepes Tuna Asam Pedas ini sangat nikmat disajikan dengan nasi putih panas-panas. Selamat mencoba Menu masakan hari ini!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar