2 Desember 2014

Resep masakan dari Kentang: Kentang Goreng Renyah


Kentang goreng renyah


Resepmasakan dari Kentang: Kentang Goreng Renyah.Masih edisi nyidam ceritanya. Gak tau kenapa sepulang dari Bidan, tiba-tiba ngeces mbayangin kentang goreng. Karena di kampung kami gak ada yang jualan kentang goreng, gantinya mampir ke indomaret setempat deh. Dapat Lays satu bungkus kemasan besar, tapi pas udah makan malah nyeseeel banget abis berasa banget tuh MSG-nya. Ya sudah deh besoknya langsung eksekusi bikin kentang goreng renyah sendiri. Kebetulan sisa hajatan pas guwe nikahan masih lumayan banyak dikulkas, haha. Hampir tiga bulan boo. Well, forget it!  Teknik bikin kentang goreng ini aku buat sama dengan cara bikin kedelai gorengrenyah, cuma ditambahkan baluran tepung dan didiamkan di freezer sampai beku. Hasilnya maknyuus deh, gak kalah dengan yang beli di resto cepat saji. Berikut ini resep Kentang Goreng Renyah-nya.

Kentang goreng sudah agak kering, kita kecilkan lagi apinya ya biar gag gosong

Bahan  Kentang Goreng Renyah:

4 buah kentang  ukuran besar.  Potong stick.
Air untuk merebus
Tepung Terigu protein tinggi. Contoh: Cakra kembar
 Garam halus + bubuk lada, secukupnya

Minyak goreng, secukupnya
Fresh from the wajan LOL

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah:

Setelah dipotong, cuci kentang dengan air bersih yang mengalir (air keran) sampai air cucian kentang terlihat bening. Ini dilakukan untuk menghilangkan getah kentang. Karena getah kentang bikin kentang goreng cepat amplem alias lembek.
Selanjutnya rebus air dalam panci yang telah diberi sedikit garam (secukupnya, pengalaman dulu pernah kebanyakan naroh garam, jadinya gilaaa uasiin hiks) biarkan hingga air mendidih. Setelah mendidih masukkan kentang yang sudah dicuci, lalu rebus selama 5 menit, angkat, tiriskan.
Nyam kentang goreng enak dicamil dengan mayonnaise
 Selanjutnya, selagi masih  panas taburi kentang dengan tepung terigu (yang sudah ditambahkan bubuk lada dan gula halus secukupnya, atau kalau suka bisa menggunakan penyedap rasa).   Pastikan tepung menyelimuti seluruh kentang, bila perlu beri tepung lebih banyak.
Tahap berikutnya, masukan  kentang yang telah dibaluri tepung dalam wadah tertutup lalu simpan didalam freezer selama 1 jam atau lebih sebelum digoreng. Semakin lama penyimpanan semakin baik.
Terakhir,  panaskan minyak goreng, gunakan api sedang, setelah agak matang pindah ke api kecil. Goreng kentang hingga seluruh bagian kentang terendam minyak. Bolak-balik kentang sampai matang dan berwarna kuning keemasan. Angkat, tiriskan. Kentang goreng siap dihidangkan dengan tambahan saus sambal atau mayonnaise.


NOTE Resep masakan dari Kentang: Kentang Goreng Renyah:

·        1.  Jangan menambahkan tepung beras, tepung kanji atau aci walaupun dapat membuat gorengan semakin renyah tapi cenderung akan membuat kentang saling melengket.

·         Kentang bisa disimpan di dalam freezer hingga 1 bulan. Kentang yang beku akan semakin membuat kentang renyah setelah di goreng.

·         2. Pastikan selalu menggoreng dengan menggunakan minyak yang masih baru agar hasil kentang goreng lebih renyah dan bersih.

·        3.  Masukkan kentang dalam minyak yang panas, dan selalu gunakan api sedang agar kentang tidak cepat gosong. Kalau perlu, saat sudah mulai matang, goreng dengan api kecil.

·         4. Agar tidak berminyak, sebelum disajikan kentang yang sudah digorang ditiriskan dahulu, alasi dengan kertas tisu agar minyak menyerap ke kertas tisu, baru sajikan.

·        5.  Bila suka setelah digoreng kentang bisa diberi tambahan bubuk cabe untuk rasa yang lebih pedas atau bumbu bubuk kentang goreng lainnya sesuai selera anda.

·       6.   Pastikan baluran tepung rata, kalau tidak rata saat kentang dingin kentangnya jadi mudah mlempes.


 
Kalo udah lama di freezer jadi makin crunchy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar